Tuesday, December 30, 2014

sejarah sepeda lowrider (Part 3)


 Hingga tahun 1967 sepeda tipe stingray sangat melekat di pemuda Amerika, hingga munculnya produk aftermarket yang menjual berbagai aksesoris mulai dari sisibar yang menjulang tinggi, spion, wheelie bars, ban semi slick, terompet, tutup rantai berbentuk knalpot hingga berbagai macam motif banana seat. karena itu berbagai produsen sepeda Amerika seperti Huffy, Rollfast, Murray & Roadmaster yang merupakan pesaing berat Schwinn juga memproduksi sepeda yang mirip stingray, sehingga orang Amerika menyebut tipe sepeda tersebut tipe 'Stingray' itu menjadi trademark seperti 'Aqua' di Indonesia. Dan tepat pada era tersebut mobil bergaya lowrider sedang naik. Gaya lowrider ini menjadi pilihan dan cita rasa kaum hispanik di Amerika selain mobil aliran hotrod yang melekat pada musik rockabilly dan rock n roll pada era tersebut. lebih lengkap baca di >> SINI<<
Mereka bergaya lowrider dikarenakan ada ikatan emosional juga, karena dulunya setelah berakhirnya perang dunia ke 2, mereka imigran Meksiko yang mulai masuk ke Negara paman Sam ini. Dengan keahlian berkebun & bertani mereka bisa bertahan hidup. Mereka hanya bisa membeli mobil bekas dan murah di era tersebut. Mereka pun membawa hasil pertaniannya menggunakan mobil keluaran chevrolet yang didominasi oleh tipe sedan. karena seringnya mereka membawa hasil pertanian maupun belanja pupuk dan bibit membuat mobil yang mereka pakai menjadi sangat ceper saking beratnya mengangkut hasil pertanian. Singkat cerita, pada saat itu kondisi perekonomian Amerika naik, merekapun merasakannya dengan status ekonomi mereka ikut naik juga. Mereka pun mulai merestorasi mobil-mobil mereka dengan mengganti eksterior seperti pengelasan ulang kerangka mobil, melapisi cat-cat candy maupun metalik yang mengkilap, beberapa part mobil dilapisi krom bahkan emas, memakai sistem suspensi hidrolik agar bisa diceperkan ataupun standar sampai interior mereka juga di ganti.


  Banyaknya penggemar mobil lowrider yang membangun mobil lowrider dan seringnya mereka berkeliling kota di sore maupun malam hari membuat anak-anak muda negeri paman sam ini memiliki hasrat ingin mengendarai mobil tersebut karena terlihat keren dan seksi. Dikarenakan kebijakan pemerintah Amerika pada saat itu melarang pemuda yang berumur dibawah 18 tahun tuk mengendarai mobil. Pada akhir dekade 1970, pemuda Amerika belum puas hasil modifikasi George Barris, Para penggemar sepeda ini pun memacu kreatifitas mereka dengan cara membengkokan fork mereka sehingga menjadikan sepeda tersebut seperti mobil lowrider yang ceper dan keren. Sayang sekali mereka tidak mengembangkannya. karena pada saat itu bicycle motorcross yang dikenal dengan sepeda BMX dengan menggunakan sepeda stingray diadu di lintasan tanah sedang naik daun. inilah awal mula sejarah sepeda BMX. 

  Setelah mati suri beberapa tahun, pada era tahun 1990 awal seiring bekembangnya dan menjamurnya komunitas mobil lowrider di Amerika mereka sering mengadakan gathering di kalangan komunitas mobil lowrider tersebut. Maka beberapa dari mereka mulai membangun kembali sepeda schwinn stingray yang sangat terkenal pada era 1960an, mulai dari merestorasinya hingga mengkustomkannya. Dan ternyata animo membangun sepeda schwinn stingray di komunitas mobil lowrider ternyata banyak. Jadi setiap klub mobil selalu ada yang membangun 1-2 sepeda schwinn stingraynya. Mereka pun mengadakan kontes sepeda lowrider pertama kali yang dipromotori oleh Lowriderbike Magazine sebuah majalah gaya hidup lowrider di Amerika sana. Pada tahun 1993 sebuah gebrakan dari Dany Galves yang membuat sebuah sepeda lowrider dengan membengkok kan springernya hingga ceper bernama 'Claim Jumper'. yang biasa disebut juga O.G bent springer fork.

 Di tahun yang sama seorang freestyler bmx bernama Warren 'Wheel King' Wong berkontribusi sangat besar atas pengembangan sepeda lowrider. beliau menciptakan jari-jari sepeda yang revolusioner yaitu jari-jari sepeda yang rapat dan jari-jari sepeda yang rapat bermotif kipas, itu merupakan ciri khas dari mobil lowrider yang bisa di aplikasikan di sepeda. Saat ini beliau bergabung dalam Lifestyle lowrider car club dan masih aktif dalam dunia olahraga ekstrim seperti longboard dan bmx.
 *Warren Wong yang berambut gondrong

  Di era tahun 2000 seorang builder warga negara Kanada yang bernama John Brain yang tergabung dalam klub Chopaderos membuat sebuah mahakarya triple tree fork untuk sepeda yang beraliran chopper. Triple tree fork yaitu fork yang biasa diaplikasikan di motor chopper. Beliau juga lah yang membuat jurnal tentang sejarah sepeda kastem dan menjadi editor di majalah Bike 'n' Rod Magazine. Sebuah jurnal yang membahas sepeda kustom dari profil builder sepeda kustom, galeri sepeda, cerita beliau menghadiri FBI, sebuah hajatan sepeda kustom di Belanda dan juga mengajari tips-tips yang beliau miliki. jurnal yang beliau buat sebagai acuan pembelajaran dan mencari inspirasi tuk kami yang baru bermain hobi tercinta ini dibandingkan beliau yang sudah berkecimpung dan menjadi saksi sejarah sepeda kustom selama 40 tahun. Beliau mengumpulkan data berupa brosur sepeda, mencari pemberitaan di berbagai media pada saat itu, menggambar ulang tren modifikasi sepeda pada era 1958-1967 bisa dibilang sangat sulit, karena pada era tersebut minim di dokumentasikan hingga berkesempatan bertemu sang legenda hidup kustom George Barris. Sampai sekarang beliau masih aktif mengembangkan sepeda kustom dan tidak pelit membagi cerita beliau dan informasi tentang sepeda kustom.



No comments:

Post a Comment