Tuesday, December 30, 2014

Sejarah sepeda lowrider (Part1)

 Sepeda kastem yang biasa dikenal oleh masyarakat indonesia yaitu sepeda lowrider. Dengan gaya sepedanya nyentrik nan unik dan memiliki ciri khas tersendiri, membuat orang orang disekitarnya melirik dan senyum setelah melihat sepeda tersebut. kamipun sering mendengar pada saat kita gowes ditengah-tengah kampung, anak-anak kecil yang melihat kami berteriak “sepeda GTA”, “sepedanya lucu” dan sebagainya. Alhamdulillah sejauh ini mereka merespon baik tentang sepeda kami. Sebenarnya kata yang tepat sepeda seperti ini adalah sepeda kustom, dimana sebuah sepeda seperti lowrider 20, cruiser, chopper, limo, boardtrack dan klunkerz yang sudah dimodifikasi ringan hingga ekstrim. Lebih lengkap masuk ke  >>S I N I <<
 Menurut John Brain salah satu saksi sejarah duni sepeda kastem, lowrider itu adalah gaya modifikasi sepeda dengan ciri khas chrome, cat mengkilap, stang apehanger, ceper, dan memiliki jari-jari rapat. Tetapi di indonesia kata 'lowrider' menjadi sepeda unik akan modifikasinya yang termasuk didalamnya yaitu under20, lowrider 20, cruiser, chopper, limo, boardtrack dan klunkerz *untuk lebih jelas baca artikelnya di >> sini. namun demikian kata lowrider menjadi salah satu jenis sepeda yang ada selain sepeda ontel, sepeda bmx, sepeda mini, sepeda gunung & sepeda balap. Itu tidak masalah karena kata lowrider sendiri sudah di kenal banyak oleh masyarakat indonesia. Itulah sepeda lowrider pada saat ini, bagaimana sejarahnya? Tenang saya akan membahasnya sejarah sepeda ini dan perkembangannya.
  Sepeda beach cruiser sudah ada sekitar tahun 1915-1929, bentuk sepedanya diadopsi dari motor di era tersebut seperti adanya tangki di rainbow sepeda. tetapi rata-rata sepeda keluaran tahun tersebut mayoritas memakai ban ukuran 28(ontel) walaupun ada yang memakai ban ukuran 26 dan juga bisa terbilang barang mewah pada era tersebut. menurut informasi yang saya dapat ada beberapa merk sepeda salah satunya yang terkenal yaitu 1924 Indian Motorcycle Co Motobike model 151, 1929 Elgin Cardinal ‘Motobike’ (Sears & Roebuck) dan 1930 Excelsior Triumph ‘motobike’. Ditahun 1933 setelah melesu penjualan motor Excelsior yang merupakan unit usaha dari produsen sepeda Schwinn pada akhir era 1920, Produsen sepeda Schwinn memproduksi cruiser bernama The Schwinn B-10E Motorbike. Itu merupakan sebuah sepeda yang mengadopsi dari motor excelsior tanpa menggunakan mesin bermotor. Mereka merevisi nama dan mendesain ulang sepeda The Schwinn B-10E Motorbike di tahun 1934 diganti dengan nama Schwinn Aero Cycle dengan memakai ban donat (berukuran 26x2.125), tangki bensin seperti motor, & spakbor. karena itu di era tahun 1930-1940 mulai muncul produsen sepeda seperti Roadmaster, Columbia, Shelby, Monark, Huffy dll sebagai pesaing baru Schwinn. sampai ada beberapa produsen yang menciptakan sepeda 'Limited Edition' seperti sepeda bertema Donald Duck yang diproduksi oleh Shelby dan Hopalong Cassidy yang diproduksi oleh produsen sepeda Rollfast bertema seperti Cowboy.


No comments:

Post a Comment